free web hit counter Pengertian Internet adalah : Sejarah, Fungsi, Manfaat, Perkembangannya - Selamat datang di Blog TerViral Sehat-Selalu.com

Pengertian Internet adalah : Sejarah, Fungsi, Manfaat, Perkembangannya

Pengertian Internet adalah : Sejarah, Fungsi, Manfaat, Perkembangannya

Halo kembali lagi bersama saya disini. Dalam Kehidupan modern saat ini tidak terlepas dari internet ya kan?, mulai dari anak-anak hingga orang tua yang menggunakan internet dalam kehidupannya. Pengguna internet, tahukah Anda? Arti dari Internet? Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang pengertian internet dan juga sejarah munculnya internet.

Memahami Internet dalam bahasa dan terminologi

 

 

Pentingnya Memahami Internet secara umum yaitu jaringan yang menghubungkan media elektronik bersama-sama. Teknologi pendukung yang digunakan dari Internet adalah TCP atau IP. IP/TCP adalah protokol yang digunakan untuk pertukaran informasi oleh semua pengguna internet.

Internet disebut juga dengan internet. Istilah ini memiliki arti proses menghubungkan jaringan internet yang berbeda. Jadi secara umum Internet dapat diartikan sebagai suatu cara untuk menghubungkan semua media elektronik di dunia dengan menggunakan IP/TCP.

Inilah Para ahli media dan elektronika juga mendefinisikan arti dari internet. itu dia Pengertian Internet menurut para ahli:

1. Drew Heywood

Menurut Drew Heywood, ide internet tidak lepas dari sejarah internet. Secara historis, Internet dapat diartikan sebagai jaringan yang kuat yang dapat menghubungkan banyak komputer.

2. Ramadhan

Seorang pakar IT Indonesia mendefinisikan Internet sebagai sekumpulan jaringan komputer yang mampu menghubungkan situs web pemerintah, akademik, organisasi, individu atau komersial. Ramadani menjelaskan, Internet harus mampu menyediakan layanan komunikasi yang dapat digunakan oleh seluruh warga dunia.

3. Soprianto

Pakar asal Indonesia ini mengartikan Internet sebagai koneksi dari banyak komputer ke jaringan global menggunakan sistem operasi. Sambungan ini menggunakan telepon canggih atau perangkat keras satelit. Dijelaskannya, protokol yang digunakan untuk Internet adalah TCP/IP.

4. Alan

Menurut Alan, Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang terhubung secara fisik yang mampu memecahkan kode berbagai protokol. Allan juga mendefinisikan protokol sebagai metode dimana dua atau lebih komputer dapat dihubungkan untuk bertukar informasi yang berbeda.

5. Ono W. Borbo

Menurut Onno W Purbo, internet merupakan salah satu cara untuk mempermudah proses komunikasi. Proses komunikasi dikomunikasikan melalui Internet menggunakan aplikasi seperti email, web, dan VoIP.

6. Frost, Strauss dan Ansari

Menurut ketiganya dalam bukunya, Internet adalah seluruh jaringan komputer yang terhubung. Komputer yang terhubung ini dapat mengakses web dan data lain untuk tetap berhubungan satu sama lain.

7. Latulipe dan Randall

Kedua ahli komputer ini mendefinisikan internet sebagai jaringan global yang didalamnya terdapat jaringan komputer dari seluruh dunia.
Dari penjelasan ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa internet pada dasarnya adalah jaringan komputer yang terhubung menggunakan sistem tertentu. Untuk menghubungkan komputer ini diperlukan protokol dan aplikasi.

Sejarah dan perkembangan Internet

Sejarah dan perkembangan internet

sejarah internet Tidak terisolasi dari munculnya komputer di dunia. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah urutan sejarah munculnya dan perkembangan internet:

1969

Tahun 1969 merupakan awal kemunculan Internet, tepatnya pada bulan Oktober. Bulan ini UCLA atau UCLA melakukan penelitian tentang jaringan komputer. Pada penelitian ini, dua komputer mengirim 3 karakter, komputer pertama mengirim karakter LOG ke komputer 2, sedangkan komputer 2 mengirim karakter IN ke komputer pertama.

Karakter ini dikirim menggunakan kode biner. Keberhasilan penelitian ini menyebabkan lahirnya sebuah proyek yang disebut ARPANET. Proyek ini merupakan pengembangan dari Amerika Serikat untuk memperkuat militernya. Dalam proyek ini saya awalnya dapat menghubungkan 4 komputer dan kemudian berkembang menjadi 13 komputer pada tahun 1970.

Hingga tahun 1981, proyek ARPANET berhasil menghubungkan 231 komputer. Keberhasilan proyek ini menjadi awal dari perkembangan Internet.

1971-1972

Tahun 1971-1972 merupakan era ditemukannya e-mail atau alamat e-mail. Jaringan yang dibentuk oleh ARPANET pada tahun 1971 berhasil mengirimkan email untuk pertama kalinya. Email ini menggunakan simbol @ sebagai pemisah antara username dan jaringan yang digunakan.

Pada tahun 1973, Ratu Inggris dapat mengirim email untuk pertama kalinya ke jaringan ARPANET. Sementara itu, pada tahun 1976, seorang mahasiswa dari Imperial College London berhasil menguji dan bereksperimen dengan Internet. Mulai tahun ini internet mulai bermunculan.

1979

Masih jarang yang tahu bahwa tahun 1979 adalah awal dari berita dan konsep di Internet panggilan video. Tahun ini Jim Ellis, Steve Bellovin dan Tom Triscott membuat grup berita Namanya USEnet. USEnet adalah umpan berita berbasis teknologi pertama.

Dua tahun kemudian, pada tahun 1981, seorang pria Inggris bernama France Telecom memperkenalkan konsep telepon berbasis tautan video. Konsep ini dikenal sebagai Video sebuah panggilan Biasa digunakan di zaman modern sekarang ini.

1983

Internet benar-benar muncul di dunia pada tahun ini, yaitu pada akhir tahun 1982 hingga 1983. Selama ini banyak jaringan komputer yang terhubung dan lahirlah TCP/IP. TCP/IP atau Transmission Control Protocol/Internet Protocol adalah teknologi untuk menghubungkan jaringan komputer di seluruh dunia.

1988-1990

Pada tahun 1988 perkembangan internet semakin maju dan sudah ada lebih dari 10.000 pengguna di ARPANET. Selain itu, tahun ini muncul jaringan baru di luar ARPANET. Itu juga pada tahun 1988 bahwa Internet Relay Chat, atau lebih dikenal sebagai IRC, muncul.

Munculnya IRC membuat komunikasi antar pengguna komputer menjadi lebih mudah. dengan IRC pengguna Internet dapat berkomunikasi dalam bentuk Mengobrol menggunakan jaringan komputer.

Dua tahun setelah munculnya IRC lahirlah WWW atau lebih dikenal dengan World Wide Web Khususnya pada tahun 1990. WWW pertama kali dibuat oleh Tim Bernes Lee yang memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan yang terdaftar. Sejak itu, banyak situs Internet muncul.

Pada tahun 1992 situs internet seperti Yahoo dan situs e-commerce lainnya mulai bermunculan. Perkembangan Internet berkembang pesat dengan ditemukannya WWW dan munculnya situs-situs Internet. Dari awal 1990-an hingga 2000-an, ada lebih dari 400 juta pengguna Internet di seluruh dunia.

2000 sejauh ini

Dekade pertama abad dua puluh satu adalah titik awal munculnya jaringan media atau media sosial. Tepatnya pada tahun 2003, Mark Zuckerberg mulai membuat Thefacebook yang sekarang dikenal dengan nama Facebook. Awalnya, Facebook dibuat hanya untuk menghubungkan mahasiswa yang belajar di Universitas Harvard.

Facebook secara bertahap tumbuh dan menjadi outlet media terbesar di dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna. Sejak saat itu, jejaring sosial seperti Twitter, Instagram dan sejenisnya mulai bermunculan.

Apple mulai mengguncang dunia pada tahun 2007 dengan merilis iPhone. Sejak itu Internet telah berkembang melalui telepon seluler dan memiliki ratusan juta pengguna. Selama ini internet berkembang begitu pesat sehingga segala aktivitas manusia berhubungan dengan internet.
Sejarah dan perkembangan internet memang sudah sangat pesat, internet sudah tersebar luas kurang dari 50 tahun yang lalu dan banyak digunakan. Internet kini telah menjadi kebutuhan manusia dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Pekerjaan Internet Harian

Internet saat ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, sehingga internet memiliki banyak fungsi. ada 3 fungsi internet Yang paling penting:

1. Akses informasi tanpa batas

Fungsi utama Internet adalah untuk mengakses informasi tanpa batas dari seluruh dunia. Keberadaan internet saat ini telah menghubungkan semua jaringan komputer di dunia. Melalui internet, informasi dari seluruh dunia dapat dengan mudah diperoleh.

2. Memfasilitasi komunikasi

Fungsi kedua adalah untuk memudahkan komunikasi jarak jauh. Dulu, Anda hanya dapat berkomunikasi melalui pesan, sekarang Anda dapat menggunakan email dan berbagai jejaring sosial. Tidak hanya antar kota, komunikasi online juga bisa dilakukan antar negara. Biaya untuk berkomunikasi juga lebih murah dengan internet.

3. Mudah dioperasikan

Perusahaan juga menggunakan Internet untuk mempermudah pekerjaan. Dengan adanya internet, pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. Perusahaan menggunakan internet untuk membangun sistem yang dapat memajukan perusahaan.

Manfaat internet bagi kehidupan

 

Manfaat internet Hidup juga memiliki banyak hal untuk ditawarkan, termasuk:

1. Untuk bisnis

Manfaat yang paling penting dari Internet adalah untuk memulai bisnis. Sudah familiar dengan belanja online? Dengan adanya internet sebuah bisnis bisa berjalan lebih lancar, tanpa harus membuka toko offline siapapun bisa menjual produknya.

Saat ini sudah banyak penyedia jasa toko online yang akan meluncurkan bisnisnya. Kehadiran internet memberikan dampak yang signifikan terhadap kemajuan perekonomian global.

2. Untuk pendidikan

Internet juga memiliki manfaat dalam pendidikan. Saat ini sudah banyak kuliah online yang memudahkan setiap orang untuk mengakses pendidikan. Tidak hanya itu, internet juga telah memanfaatkan pembelajaran di sekolah secara luas. Bahkan sebagian besar tes berbasis internet.

Kehadiran internet memberikan pengaruh yang sangat baik bagi perkembangan pendidikan. Dengan menggunakan internet, siswa dapat dengan mudah belajar dari berbagai sumber dan mendapatkan informasi baru yang dapat mereka gunakan untuk mengembangkan diri. Kemudahan ini membuat pendidikan lebih mudah dan lebih maju.

3. Untuk hiburan

Manfaat lain dari adanya internet adalah sebagai sarana hiburan. Melalui Internet, Anda dapat mengakses berbagai hiburan seperti jejaring sosial atau situs hiburan lainnya. Hingga saat ini, hampir semua stasiun TV menyediakan akun sosial dan dapat dilihat dengan menonton melalui Internet di komputer atau telepon genggam.

kesimpulan

Memahami Internet Ini dapat disederhanakan sebagai jaringan komputer di seluruh dunia. Keberadaan internet tidak terlepas dari kehidupan manusia sehari-hari, hampir semua aktivitas menggunakan internet, termasuk belajar dan bekerja. Banyak kemudahan yang bisa didapatkan dari internet.

Dengan mengetahui internet tentunya pemahaman akan bertambah, bukan? Kami berharap informasi ini bermanfaat

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *