Rambut rontok bisa membuat penampilan Anda menjadi buruk dan bisa mengurangi rasa kepercayaan diri Anda. Rambut rontok sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam hal dari faktor internal maupun eksternal. Memilih tips agar rambut tidak rontok haruslah dilakukan dengan cermat supaya kerusakan rambut tidak bertambah parah dan rambut bisa tumbuh dengan subur. Namun, Anda juga harus melakukannya secara rutin supaya efeknya cepat terlihat.


Tips Agar Rambut Tidak Rontok Menggunakan Bahan Alami - Sehat Selalu


Tips Agar Rambut Tidak Rontok Dengan Bahan Alami

Ada beberapa tips agar rambut tidak mudah rontok dan tidak semakin menipis dengan cara-cara yang mudah dan juga alami sehingga mampu mengatasi kerusakan rambut. Hal ini merupakan cara terbaik daripada Anda menggunakan perawatan salon dengan kandungan bahan kimia yang justru bisa memperparah kondisi rambut Anda. Berikut ini beberapa tips mengatasi rambut rontok:


Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan alami yang memiliki khasiat untuk mengurangi kerontokan rambut.  Bawang putih mengandung sulfur yang sangat penting untuk memelihara sirulasi darah pada kantong rambut, serta mengurangi inflamasi. Selain itu, khasiat anti-kuman di dalam bawang putih membantu membunuh kuman dan parasit, mengatasi infeksi pada kulit kepala yang menjadi penyebab kerontokan.


Berikut adalah cara menggunakan bawang putih sebagai tips merawat rambut agar tidak rontok:

  • Cara 1: Ambil beberapa siung bawang dan haluskan dengan blender. Oleskan pada rambut secara menyeluruh sebelum tidur dan tutup dengan shower cap. Diamkan semalaman dan bilas keesokan paginya dengan sampo sampai bersih sehingga bau bawang putih bisa hilang.
  • Cara 2: Campurkan jus bawang putih dengan 2 sdm gel lidah buaya. Tambahkan 1 sdm minyak zaitun. Aplikasikan campuran ini ke kulit kepala dan biarkan selama 30 menit, dan kemudian bilas menggunakan shampoo.



Teh Hijau

Teh hijau berfungsi untuk mengatasi kerontokan rambut karena memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi. Seduh dua kantung teh hijau dengan air panas. Kemudian gunakan ampas teh hijau yang masih hangat tersebut ke seluruh rambut Anda secara merata. Diamkan selama satu jam sampai ampas menjadi kering. Lalu bilas dengan air bersih dan sampo.


Buah Malaka

Siapa sangka jika ternyata buah malaka (buah amla) alias Indian Gooseberry yang biasa digunakan untuk mengobati kista dan TBC bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Buah malaka kaya akan Vitamin C. Seperti diketahui, jika tubuh kekurangan asupan vitamin C, maka akibatnya adalah kerontokan rambut. Selain itu, khasiat antioksidan, anti-radang, anti-bakteri, dan pengelupasan pada buah malaka dapat membantu memelihara kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut.


Berikut adalah tips agar rambut tebal dan tidak rontok menggunakan buah malaka:

  • Campurkan 1 sdm daging buah malaka yang telah dilumatkan dengan air perasan jeruk lemon
  • Pijat kulit kepala anda menggunakan campuran ini secara menyeluruh
  • Tutup kepala anda menggunakan shower cap
  • Cuci bersih menggunakan shampoo dengan formula ringan (formula herbal) di pagi hari berikutnya.


Minyak Kemiri

Selain berfungsi untuk menghitamkan rambut, minyak kemiri juga berfungsi untuk melebatkan dan menyuburkan rambut rontok. Ambil beberapa kemiri dan bakar sampai warnanya berubah menjadi coklat dan hancurkan. Lalu rebus kemiri tersebut dalam air sampai mengeluarkan minyak. Oleskan minyak tersebut pada rambut dari kulit kepala dan juga seluruh rambut sebelum tidur. Bilas keesokan paginya dan gunakan secara rutin.


Gunakan tips agar rambut panjang dan tidak rontok tersebut secara teratur dan rutin sehingga rambut tebal, lebat, sehat dan berkilau bukan lagi hanya sebuah impian bagi Anda.