Tahukah Anda bahwa ternyata madu juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan? Masker madu untuk wajah sangatlah disarankan untuk perawatan alami yang dapat menyehatkan kulit Anda. Antibakteri, vitamin B, vitamin C, antioksidan, dan kandungan lain yang terdapat dalam madu selain berkhasiat untuk kesehatan tubuh, juga berkhasiat untuk kecantikan kulit.


Sebagaimana yang telah kita ketahui, madu adalah bahan alami yang memiliki berjuta manfaat. Para peneliti telah membuktikan bahwa madu dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, menjaga sistem pencernaan, meningkatkan energi saat dikonsumsi, membantu proses detoksifikasi, menghangatkan tenggorokan, dan lain sebagainya.

Manfaat dan Cara Pembuatan Masker Madu untuk Wajah - Sehat Selalu

Manfaat Masker Madu untuk Wajah

Madu selain bermanfaat untuk kecantikan kulit tubuh juga bermanfaat untuk kulit wajah. Biasanya, madu yang dikenakan di wajah dibentuk menjadi masker. Beberapa manfaat masker madu yang dapat kita rasakan di wajah kita yaitu:

  • Melindungi kulit; Madu mengandung antioksidan, antimikroba, dan antijamur yang berperan untuk menjaga kulit dari berbagai penyakit yang mungkin bisa datang seperti infeksi dan bintik merah.
  • Melembabkan kulit; Manfaat madu lainnya yaitu madu dapat melembabkan kulit yang kering dan kasar. Untuk menggunakan masker madu dengan tujuan melembutkan kulit wajah, biasanya ditambahkan campuran bahan alami lain.
  • Mencegah penuaan pada kulit; Khasiat masker madu untuk wajah yang lain adalah madu dapat mencegah penuaan pada kulit dan membuat kulit kencang. Madu terbukti dapat menangkal radikal bebas yang bisa membuat kulit mengeriput.
  • Menyembuhkan luka pada kulit; Madu mengandung gula dan antimikroba dengan kadar yang cukup banyak. Oleh karena itu, masker madu bermanfaat untuk menyembuhkan luka pada kulit.
  • Membersihkan kulit; Kandungan enzim yang terdapat dalam madu menyebabkan masker madu dapat menjadi antiseptik yang bisa membersihkan kulit wajah.


Cara Membuat Masker Madu untuk Wajah

Membuat masker madu tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kesulitannya terletak pada ketekunan dan kesabaran kita dalam proses perawatannya. Berikut ini adalah cara untuk membuat masker madu untuk kulit wajah Anda:

  • Siapkan madu secukupnya.
  • Oleskan madu secara tipis pada seluruh wajah.
  • Tunggu sampai mengering kira-kira hingga 10 sampai 20 menitan.
  • Jika sudah mengering, bilaslah dengan air hangat, lalu keringkan dengan lap wajah.


Jenis madu untuk masker wajah tidaklah dibatasi. Anda bisa memakai madu jenis apa pun yang penting teksturnya pas untuk wajah dan tidak mengandung bahan kimia. Lebih disarankan untuk memakai madu murni sebagai bahan untuk membuat masker madu. Selain madu, biasanya pada pembuatan masker madu digunakan juga berbagai bahan campuran alami lain, misalnya air perasan jeruk lemon atau getah daun lidah buaya.


Cara pembuatan masker madu yang dicampur oleh bahan alami lain hampir sama. Misalnya Anda ingin membuat masker madu yang dicampur oleh getah lidah buaya. Anda perlu menyiapkan 1 sendok makan madu dan 2 sendok makan getah lidah buaya. Kemudian campurkan kedua bahan tersebut. Jika sudah dicampurkan, Anda boleh mengoles seluruh permukaan wajah Anda dengan campuran madu dan getah lidah buaya tersebut. Selebihnya sama. Anda hanya tinggal menunggu masker kering kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih.


Itulah manfaat dan cara pembuatan masker madu untuk wajah Anda. Bagaimana? Mudah, bukan? Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sedang mencari referensi perawatan wajah yang alami, yang tentunya lebih efisien dan praktis daripada jika Anda harus bolak-balik dokter, salon, dan toko kecantikan. Semoga sehat selalu!