Jauh sebelum ditemukan beragam bahan-bahan perawatan kulit kimia atau kosmetika modern seperti saat ini, minyak zaitunlah yang digunakan sebagai bahan perawatan kulit kepercayaan wanita. Khasiat minyak zaitun untuk wajah telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu terutama oleh para wanita di negara-negara sekitar laut Mediterania di mana tanaman zaitun tumbuh dengan subur.


Khasiat minyak zaitun hingga saat ini masih diakui sebagai bahan perawatan kulit yang efektif sehingga minyak zaitun banyak dijadikan sebagai bahan baku pembuatan beragam kosmetika dan perawatan kulit wajah serta tubuh.

Khasiat Minyak Zaitun Untuk Wajah dan Kecantikan - Sehat Selalu

Khasiat Minyak Zaitun Untuk Wajah

Khasiat minyak zaitun untuk kulit wajah diperoleh dari kandungan alaminya, yaitu antioksidan yang disebut hydroxytyrosol dan polifenol, serta vitamin A. Sebagaimana yang kita ketahui antioksidan adalah bahan yang ampuh untuk melawan efek radikal bebas akibat paparan bahan kimia dan polusi lingkungan yang membuat wajah mengalami penuaan dini. Merawat kulit wajah dengan minyak zaitun bisa membuat wajah kita terlihat muda lebih lama dan tetap segar.


Sementara itu, kandungan vitamin A pada minyak zaitun akan membantu menjaga PH kulit sehingga kulit kita kan tetap sehat. Selain itu minyak zaitun juga mempunyai kandungan antibakteri alami yang ampuh untuk mengatasi jerawat, gatal-gatal, serta masalah kulit lainnya.


Mengatasi jerawat pada wajah

Anda bisa menggunakan khasiat minyak zaitun untuk wajah berjerawat dengan cara langsung mengoleskan minyak zaitun yang telah dihangatkan sebentar pada bagian wajah yang berjerawat atau mempunyai bekas jerawat di malam hari menjelang tidur. Diamkan ramuan selama semalaman dan keesokan harinya bilas wajah dengan air hangat. Selain itu Anda juga mencampurkan beberapa tetes minyak zaitun murni pada masker jerawat, misalnya masker yang terbuat dari lendir lidah buaya, masker mentimun, atau masker dari buah tomat, dan jeruk nipis. Metode ini bisa membantu masker bekerja lebih efektif.


Mengatasi kulit berminyak

Selain untuk mengatasi jerawat, minyak zaitun juga mempunyai manfaat untuk mengatasi wajah berminyak. Mungkin banyak dari Anda yang menyangsikan khasiat minyak zaitun untuk wajah berminyak karena menduga bahwa wajah akan semakin berminyak bila dirawat dengan minyak zaitun. Ternyata, minyak zaitun justru bisa membantu mengatur produksi minyak pada wajah karena bahan alami ini mampu melarutnya minyak berlebih pada wajah. 

Cara menggunakannya:

  • Menjelang tidur oleskan minyak zaitun pada wajah yang telah dibersihkan,
  • Diamkan selama sekitar 30 menit
  • Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat.
  • Jadi Anda tak perlu mendiamkannya semalaman sebagaimana pada pengobatan jerawat.


Mengatasi kulit kering dan sensitif

Manfaat minyak zaitun berikutnya adalah untuk mengatasi kulit kering dan sensitif yang biasanya mudah sekali terbakar matahari atau terkena dampak buruk paparan sinar matahari berupa flek hitam. Khasiat minyak zaitun untuk wajah flek hitam akan dapat Anda peroleh bila perawatan wajah ini dilakukan secara teratur. Menggunakan cotton buds atau kapas kecantikan, oleskan minyak zaitun pada bagian wajah yang berflek hitam. Selain itu Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun pada masker pencerah kulit wajah seperti masker bengkuang atau tomat untuk menambah efektifitasnya.


Selain berguna untuk merawat kulit wajah, Anda juga bisa mengaplikasikan minyak zaitun untuk merawat kulit tubuh agar kulit selalu lembap dan sehat selalu. Minyak zaitun juga dapat dioleskan pada tumit kaki yang pecah-pecah atau untuk mencerahkan kulit siku dan lutut yang biasanya berwarna lebih gelap. Minyak zaitun juga berguna untuk mengatasi strech mark terutama pada ibu hamil yang kulit perutnya akan mengembang seiring dengan semakin besarnya janin dalam kandungannya. Nah, semoga ulasan tentang khasiat minyak zaitun untuk wajah dan tubuh ini berguna bagi Anda.