Sehat-selalu.com - Madu memiliki khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Selain sebagai daya tahan tubuh, madu juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit ringan yang sering terjadi pada tubuh manusia, seperti masuk angin, demam, batuk dan masih banyak lagi. Khasiat madu untuk wajah dan jerawat pun beraneka macam; pasalnya, produk alami ini mengandung unsur yang sangat bermanfaat untuk perawatan kulit dan wajah. Madu juga berkhasiat membuat kulit menjadi bersinar, menghilangkan flek hitam hingga masalah wajah berjerawat.


Khasiat Madu Untuk Wajah dan Jerawat Yang Menakjubkan - Sehat Selalu


Aneka Khasiat Madu Untuk Wajah dan Jerawat

Jerawat pada wajah bisa sangat mengganggu penampilan. Belum lagi rasa perih yang kadang terasa saat matahari menyengat dan terkena wajah yang berjerawat. Untuk itu, madu bisa menjadi obat alami untuk mengatasinya. Berikut beberapa khasiat madu untuk wajah jerawat:

  • Sebagai Detok wajah; Madu berkhasiat bagi tubuh untuk membuang racun, begitu juga untuk wajah. Kasiat juga berfungsi sebagai pembuang atau toksin yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Racun-racun tersebut bisa berasal dari dalam tubuh seperti minyak yang keluar melalui kelenjar tubuh, juga bisa disebabkan karena kotoran, atau debu yang melekat pada wajah dan menyebabkan jerawat.
  • Sebagai Anti oksidan; khasiat madu untuk muka jerawat juga bisa sebagai anti oksidan, yang berfungsi melindungi kulit wajah dari radikal bebas.
  • Sebagai Anti mikroba; Madu dapat berkhasiat sebagai penyembuh luka. Begitu pula bagi wajah, khasiat madu pada wajah berjerawat dapat sebagai penyembuh luka akibat gesekan tangan pada jerawat yang akhirnya bisa menimbulkan bopeng. Cara pencegahannya bisa dengan mengoleskan madu secara rutin pada wajah yang berjerawat.
  • Sebagai Antiseptik; madu juga memiliki khasiat antiseptik, yakni sebagai pembersih di wajah anda setelah masa jerawat anda lewat.
  • Anti bakteri; khasiat madu untuk wajah yang berjerawat selanjutnya adalah sebagai anti bakteri. Oleskan madu pada bagian wajah yang berjerawat agar bakteri yang menempel pada wajah tidak menimbulkan peradangan maupun iritasi.


Madu adalah kekayaan alam dengan khasiat yang nyaris tak ada batasnya. Di dalamnya terdapat berbagai kandungan nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit maupun kesehatan anda. Lalu, bagaimana cara menggunakannya?


Cara Memperoleh Khasiat Madu Untuk Wajah dan Jerawat

Cara perawatan wajah menggunakan madu dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut:

  • Oleskan segera madu saat anda tanpa sengaja menyentuh wajah dengan jerawat yang meradang.
  • Oleskan madu dengan air perasan jeruk pada jerawat anda pada saat jerawat masih membesar.
  • Bila jerawat sudah kering, gunakan madu sebagai masker wajah dengan mencampur kan madu dengan lair perasan jeruk lemon. Biarkan selama setengah jam dan kemudian bilas dengan air dingin.
  • Bisa juga jika anda menggunakan olive oil dicampur dengan madu untuk membuat masker madu. Pilihlah sesuai dengan yang mudah anda dapatkan.


Dewasa ini madu banyak dijual bebas di pasaran. Ada yang menggunakan merek buatan pabrik atau madu buatan home industry. Sayangnya banyak sekali madu yang dijual di pasaran tidak asli. Maka, anda harus berhati-hati dalam memilih madu yang akan digunakan untuk perawatan wajah anda. Karena khasiat madu untuk wajah dan jerawat akan lebih optimal jika menggunakan madu yang murni.


Meski harga madu yang asli memang lebih mahal, namun itu merupakan investasi untuk wajah anda. Jadi lebih baik memilih untuk mengeluarkan dana lebih mahal namun bermanfaat untuk wajah anda.