Seiring pertambahan usia, atau karena faktor lingkungan dan paparan terhadap sinar matahari, kehitaman dan kelembutan rambut anda mungkin berkurang. Untuk itu, anda memerlukan cara menghitamkan rambut secara alami agar perubahan warna rambut tidak terus-menerus terjadi. Bahkan, jika dibiarkan  tanpa penanganan yang tepat, rambut anda bisa saja memutih layaknya rambut orang tua. Salah satu bahan alami yang kerap digunakan sebagai cara menghitamkan rambut secara alami dan cepat adalah teh basi. Mengapa teh basi?

Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami Menggunakan Teh Basi - Sehat Selalu


Teh Basi sebagai Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

Setelah dimanfaatkan sebagai bahan minuman yang banyak khasiat untuk kesehatan, ternyata ampas teh juga bermanfaat untuk keindahan rambut. Ternyata, di dalam teh terdapat kafein yang kadarnya lebih sedikit dibanding kopi. Ada juga polifenol yang ternyata 25 kali lebih efektif dibanding vitamin E. Selain itu, teh juga kaya akan minyak esensial, yang bertanggung jawab membentuk aroma pada teh.


Kandungan tersebut tentunya masih tersisa pada ampas teh yang telah dibiarkan hingga basi. Berikut adalah beberapa manfaat teh basi selain digunakan sebagai cara menghitamkan rambut secara alami dan berkilau:

  • Mengatasi masalah ketombe akibat kulit kepala kering atau kurangnya asupan nutrisi ke kulit kepala. Anda bisa mengatasi ketombe dengan menggunakan air teh basi untuk keramas. Usapkan secara merata sambil memijat kulit kepala secara lembut, dan terakhir, bilas hingga bersih.
  • Mengatasi rambut rontok; jangan biarkan kebotakan mengancam anda akibat rambut rontok yang tak diatasi dengan baik. Anda bisa memanfaatkan air teh basi untuk mengolesi kulit kepala serta permukaan rambut. Biarkan semalaman, dan bilas pada pagi harinya.
  • Membantu melembapkan rambut; penggunaannya sama dengan penggunaan air teh basi untuk mengatasi kerontokan rambut. Selain mengatasi masalah rontok, ternyata air teh basi yang dibiarkan semalaman juga bermanfaat melembutkan rambut. Ini bisa menjadi solusi untuk anda yang memiliki rambut kering, kasar, dan sulit diatur.


Menggunakan Teh Basi Sebagai Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

Lalu, bagaimana cara mengolah dan menggunakan teh basi sebagai cara menghitamkan rambut secara alami dan permanen? Terlebih dahulu, anda harus menyiapkan teh yang tidak ada campurannya, seperti gula atau garam. Pastikan anda menggunakan teh tawar. Berikut adalah proses penyiapannya:

  • Sediakan daun teh kering dan seduh menggunakan air panas. Jika anda tidak mendapatkan daun teh asli, anda bisa menggunakan teh kemasan atau teh celup
  • Seduh menggunakan air mendidih hingga warna air berubah keruh. Proses ini sekaligus bermanfaat untuk membunuh kuman yang mungkin terdapat pada teh.
  • Masukkan air seduhan teh ke dalam wadah tertutup
  • Diamkan air teh semalam hingga terbentuk endapan di dasar wadah.


Setelah proses penyiapan air teh basi, maka tahap selanjutnya adalah menggunakannya sebagai cara cepat menghitamkan rambut secara alami. Berikut adalah beberapa tahapan yang bisa anda lakukan:

  • Jangan mengaduk air teh yang sudah didiamkan semalaman, agar airnya tidak berubah menjadi keruh
  • Celupkan telapak tangan anda ke dalam wadah dan oleskan ke rambut dan kulit kepala
  • Lakukan hingga seluruh helai rambut dan kulit kepala anda basah
  • Diamkan selama 2 jam
  • Bilas menggunakan air bersih (hindari penggunaan shampo, karena shampo dapat menghilangkan formula teh yang melekat pada rambut.


Untuk perawatan harian, anda bisa memanfaatkan teh celup basi dan mencelupkannya ke dalam air yang anda gunakan untuk keramas. Akan lebih baik lagi jika anda menggunakan teh hijau celup, karena teh mengandung vitamin C dan vitamin E, ditambah polifenol, pH dan minyak seimbang yang bermanfaat  sebagai cara menghitamkan rambut secara alami sekaligus menjaga kelembutan rambut.