Panu adalah infeksi jamur yang umum dan tak mematikan, tetapi tidak menghentikan orang untuk mencari cara menghilangkan panu di wajah. Penyakit kulit yang diakibatkan jamur ini dapat menyebar dan menghasilkan noda-noda putih yang tak enak dilihat jika tak diobati. Panu juga mengakibatkan rasa gatal serta permukaan kulit yang bersisik. Untungnya, obat panu tersedia secara luas, tetapi ada juga yang memilih cara menghilangkan panu di wajah secara alami, misalnya dengan berbagai bahan tradisional.


Cara Menghilangkan Panu di Wajah secara Alami - Sehat Selalu


Cara Menghilangkan Panu di Wajah secara Tradisional

Ingin mencoba cara tradisional terlebih dahulu untuk menghilangkan panu? Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan panu, serta cara menggunakannya:


Belimbing

Buah tropis populer ini memiliki kandungan vitamin C yang berkhasiat mengurangi noda kulit dan membunuh bakteri penyebab aktivitas jamur yang bisa mengakibatkan panu. Caranya, buah belimbing dicuci lalu ditumbuk dan dicampur dengan sedikit kapur sirih sampai menjadi sejenis pasta. Oleskan pada area kulit yang bermasalah dan diamkan selama 10 menit sebelum dibilas. Lakukan 2 hingga 3 kali sehari bila perlu.


Tea tree oil

Ini adalah bahan yang populer untuk produk kecantikan, tetapi bisa juga menjadi cara menghilangkan panu di wajah secara tradisional. Tea tree oil mengandung khasiat penghambat kerja bakteri dan jamur, sehingga sering dijadikan campuran produk kulit. Tea tree oil bisa ditemukan di toko produk kecantikan dan diaplikasikan dengan kapas ke permukaan kulit. Diamkan selama 20 menit sebelum dibilas. Lakukan 2 hingga 3 kali sehari.


Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa yang bisa mengurangi aktivitas jamur di kulit dan mempercepat penyembuhan panu. Caranya cukup dengan mengiris bawang putih dan mengepruknya sedikit, lalu digosokkan atau ditempelkan di area yang bermasalah. Diamkan selama sekitar 10 menit sebelum dibilas. Lakukan 2 hingga 3 kali sehari jika diperlukan.


Lengkuas

Lengkuas memiliki khasiat yang hampir sama dengan bawang putih; tinggal dipotong dan digosokkan ke atas kulit yang bermasalah, dengan cara yang sama seperti menggunakan bawang putih.


Cuka apel

Sari cuka apel (apple cider vinegar) adalah bumbu masak yang juga sering digunakan untuk ramuan kesehatan kulit. Kandungan asamnya menjadi cara menghilangkan panu di wajah dengan cepat, karena bisa menghambat kerja jamur yang mengganggu kulit. Cukup campurkan 1 sendok teh sari cuka apel ke segelas air, lalu aplikasikan ke kulit menggunakan bola kapas. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas.


Lidah buaya

Gel yang terdapat dalam daun lidah buaya dapat membantu melawan jamur panu serta mengurangi iritasi dan gatal-gatal yang disebabkan panu. Potong daun lidah buaya dan aplikasikan gel di dalamnya ke kulit yang bermasalah. Gosok dan diamkan sebentar sebelum dibilas.


Pastikan membersihkan wajah Anda sebelum dan sesudah mengaplikasikan bahan-bahan ini.


Peringatan Cara Menghilangkan Panu di Wajah

Peringatan populer saat menggunakan bahan alami untuk kulit adalah kemungkinan alergi. Jika Anda mengaplikasikan langsung bahan-bahan alami sebagai cara menghilangkan panu pada wajah, waspadalah pada kemungkinan reaksi alergi. Jika terjadi ruam-ruam merah, gatal-gatal dan sebagainya, segera bilas bahan tersebut dari kulit. Jangan biarkan kulit wajah kotor dan lembap terlalu lama karena akan memperparah gangguan panu.


Jika Anda sudah yakin bahwa kulit Anda tak alergi, Anda bisa mencoba bahan-bahan tradisional sebagai cara menghilangkan panu pada wajah, sebelum memutuskan mencoba obat dari apotek.